Mobil Hybrid Standar dan full Hybrid

Saat ini, produsen kendaraan mulai berlomba untuk membuat kendaraan/mobil yang hemat bahan bakar fosil. pilihannya jatuh kepada energi listrik yang nota bene lebih bersih dan bebas emisi. Produsen mobil membuat teknologi mobil Hybrid atau Hybrid car. Mobil Hybrid ini di rencanakan untuk hemat bahan bakar tetapi tetap memiliki performa yang handal.

Mobil Hybrid menggabungkan mesin bensin dan dinamo/motor listrik.  Mesin bensin dipergunakan sebagai sumber daya utama sedangkan motor listrik dipergunakan sebagai sumber tenaga  tambahan apabila dibutuhkan.hybrid-428183_640

Saat ini ada 2 type kendaraan atau mobil hybrid. Yaitu Mobil Hybrid standar dan Full Hybrid

Pada Mobil Hybrid Standar, mesin bensin dipergunakan pada saat awal dihidupkan untuk mengisi baterai. pada kecepatan kurang lebih 60 – 80 km / jam, mesin bensin sepenuhnya dipergunakan sebagai tenaga penggerak mobil, dan sekaligus mengisi baterai apabila baterai perlu diisiPada saat-saat tertentu ketika kita akan mendahului kendaraan lain, diperlukan tenaga dan akselerasi tambahan untuk melakukannya. maka motor listrik dan mesin bensin bersama-sama digunakan sesuai kebutuhan pengemudi.

Saat pengereman, tenaga mobil pada mesin bensin biasa tidak akan berguna. tetapi pada mobil hybrid, tenaga pengereman akan diubah oleh generator dari energi gerak menjadi energi listrik. energi gerak yang dimaksud adalah gerak roda.

Pada mobil full Hybrid, motor listrik dimanfaatkan sebagai sumber penggerak utama pada kecepatan rendah sekitar 20 km/jam. Hal ini membuat mobil hybrid menjadi mobil yang sangat irit dan efisien pada kemacetan dan melaju pada kecepatan rendah.Hal ini merupakan kebalikan dari mobil hybrid standar.
Motor listrik dipergunakan pada saat mobil kecepatan rendah. jika baterai perlu diisi, maka secara otomatis generator akan menghidupkan mesin.

Pada kecepatan jelajah, motor listrik dan mesin bensin dipergunakan secara bersamaan dan secara bersamaan pula generator mengisi baterai. ini yang membuat mobil full hybrid sangat berbeda dengan mobil non hybrid. Tenaga yang dihasilkan bisa jadi menjadi lebih besar dari mobil konvensional karena digunakannya 2 sumber tenaga ini.

System pengereman regeneratif, juga dipergunakan dan dimanfaatkan untuk mengisi kembali baterai.

di Negara kita Indonesia,  Toyota menyediakan 2 type kendaraan hybrid. Toyota Prius dan All New Camry Hybrid. Dua Jenis mobil Hybrid Toyota ini menggunakan system Full Hybrid.

prius-863970_1280

One Response
  1. Infodealermobil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *