Jaringan 5G bagi yang haus bandwidth internet

Jaringan 5G sudah di depan mata. Sedangkan jaringan 3G dan 4G rasanya baru kemarin dan belum lama kita nikmati.
Begitu cepatnya perkembangan teknologi saat ini. sampai-sampai satu belum kita miliki,  sudah harus beralih ke yang lain yang lebih baru.

Apa toh keunggulan jaringan 5G dibanding jaringan 3G atau 4G ? Mari kita tengok satu persatu :

Jaringan 3G

Jaringan 3G merupakan perkembangan teknologi GPRS. Jaringan 3G ini pada masanya sudah dianggap mampu memenuhi kebutuhan para pengguna internet karena kecepatannya mencapai 2Mbps. Apalagi dukungan gadget yang support teknologi 3G mulai bermunculan.
dari adanya Jaringan 3G maka konten internet mulai banyak diwarnai dengan konten video,TV, Multimedia, game dan sebagainya.

Jaringan 4G

Teknologi Jaringan 4G ini merupakan penerus dari teknologi 3G. Teknologi ini mampu meningkatkan kapasitas serta kecepatan jaringan nirkabel dengan memanfaatkan teknik DSP (Digital Signal Processing).

Jaringan 4G kemudian berkembang menjadi 4GLTE yang memiliki kecepatan downlink mencapai 300Mbps serta Uplink mencapai 75Mbps.

Kecepatan transfer data dan kapabilitasnya saat ini dirasakan mampu memenuhi kebutuhan para pengguna internet. Mereka dapat lebih luas mengakses segala konten. dari hanya berupa tulisan saja sampai dengan gambar, bahkan multimedia(streaming), video call dll. Semua aplikasi saat ini mampu dijalankan dengan adanya jaringan 4G ini.

Jaringan 5G

Di Indonesia, jaringan 4G LTE saat ini baru populer karena menawarkan kecepatan akses internet. Bahkan biaya akses internet menggunakan jaringan 4G harganya lebih murah daripada jaringan 3G.

Sayang belum semua daeraah di terjangkau dengan jaringan 4G. Selain karena infrastruktur yang mahal, juga kondisi geografis yang kurang mendukung sehingga penyebaran teknologi ini kurang merata.

Jaringan 5G

Belum lama eforia 4G dirasakan, bahkan teknologi ini belum sempat dinikmati oleh semua orang Indonesia, sudah muncul teknologi generasi ke 5 yaitu jaringan 5G.

Teknologi ini berawal dari Korea Selatan yang pada awalnya dirancang untuk memenuhi kebutuhan para penguna kendaraan super cepat.

Jaringan 5G, menurut berita yang beredar memiliki kecepatan transfer data yang sangat tinggi. Walaupun pengguna sedang berada di kendaraan yang meluncur sangat cepat seperti di dalam express train 500 km per jam, akses internet tetap dapat dinikmati dengan lancar.

Dengan Jaringan 5G anda dapat download file atau film 800 MB hanya dalam waktu 1 detik. Ini kecepatan yang luar biasa.

Terbayang kan, akan sepeti apa dunia digital dan perkembangan teknologi gadged nantinya. Lebih lancar dan pasti akan lebih menarik, karena dapat lebih leluasa meng-eksplor konten grafis, animasi dan multimedia.

Lalu kapan akan ada di Indonesia ? Itu pertanyaan yang sama dengan yang ada di pikiran saya.
Kita tunggu saja ya, karena pasti implementasi teknologi 5G ini tidak akan secepat membalik telapak tangan.

Ada infrastruktur yang harus disesuaikan, dan yang pasti dukungan dari berbagai vendor akan banyak dinantikan end user.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *