Sepeda lipat dari gaya hidup sampai symbol stasus sosial

Kapan sepeda lipat ditemukan ? tidak mudah menjawab petanyaan ini. Banyak pihak yang kemudian meng-klaim bahwa dialah yang menciptakan pertama kali. Klaim ini juga tidak serta merta membuat orang percaya, karena ternyata sepeda lipat sudah ditemukan sejak lama.

Jaman dahulu, sepeda lipat lebih pas kalau disebut sebagai sepeda “knock down” daripada “lipat” karena memang harus mencopotnya satu persatu agar mudah dibawa atau disimpan dan memasangnya lagi satu persatu saat akan menggunakannya kembali.

Sepeda lipat

Pada 1978, disebut sebagai awal keberadaan sepeda lipat pertama oleh William Grout seorang berkebangsaan Ingris. Namun melihat disain dan bentuk sepedanya, orang lebih suka menyebutnya dengan portable bike atau sepeda potabel.

tahun 1894 Michael B Ryan mendaftarkan paten atas penemuan sepeda lipat karyanya. dan ini disebut-sebut juga sebagai karya sepeda lipat pertama yang tercatat.

Namun, dalam penelusuran berikutnya berdasarkan teks sejarah, ditemukan bahwa pihak militer dari Perancis adalah yang pertama kali menemukan sepeda lipat atau folding bike. Penemu sepeda lipat ini adalah Henry Gerard.

Penelitian kemudian dilakukan untuk memastikan klaim  dari pihak militer perancis ini. Hasilnya, ditemukan data tanggal 18 Januari 1896. Tanggal ini selisih dua tahun sejak karya sepeda Michael B. Ryan dipatenkan. Data ini mengungkapkan bahwa Henry Gerard dan Charles Morel seorang industrialis Perancis sebagai pemilik perusahaan sebagai pemegang paten bersama.

Terlepas dari perdebatan kapan dan siapa penemu sepeda lipat, sekarang ini sudah banyak produsen sepeda yang berlomba mendisain sepeda jenis ini. Kalau dulu sepeda identik dengan orang-orang pinggiran, orang yang tidak mampu beli sepeda motor atau mobil, sekarang keberadaanya pun sudah tidak lagi bisa dipisahkan dengan gaya hidup. Bahkan jadi symbol status sosial seseorang.

Saat ini kegiatan bersepeda sedang digiatkan lagi oleh para penggiat sepeda, pecinta lingkungan, komunitas olahraga bahkan pemerintah. Selain membuat sehat, bersepeda juga ramah lingkungan karena tidak ada polusi yang ditimbulkan.

Ada banyak pilihan, model dan merek, jika anda berencana memilikinya. Mulai dari harga terjangkau sampai harga yang mungkin bagi sebagian orang tidak rasional, karena mencapai puluhan bahkan ratusan juta.

Sepeda lipat

Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan saat memilih sepeda lipat. Berikut diantaranya :

Ukuran Roda
Karena memang dirancang untuk bisa dilipat dan mudah dibawa-bawa, jangan memilih yang memiliki ukuran roda terlalu besar.
Ada 2 ukuran roda 16″ dan 20″. Ukuran 16 lebih praktis dibawa-bawa bahkan ketika anda menggunakan angkutan umum. Sedangkan yang 20 lebih besar sedikit. Ukuran 20 lebih terasa nyaman saat dikendarai namun kalah praktis dengan yang memiliki ukuran roda 16.

Kenyamanan dan Keamanan
Sebelum anda membeli pastikan anda sempat mencobanya. Perhatikan ukuran frame dan sadel tempat duduk. sesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan anda. Untuk faktor keamanan, lebih kepada materi atau bahan sepeda lipat serta disain folding nya. Mekanisme pengunci dan kekuatan las sambungannya pun harus anda perhatikan. Lebih lanjut hal ini perlu anda tanyakan kepada pihak penjual. Barang yang baik pasti ada informasi jelas dan yang pasti bergaransi.

Produsen / Merek
Sebenarnya hal ini belum bisa menjadi acuan dan lebih bersifat subyektif. Tapi brand yang sudah terkenal memang lebih teruji kualitasnya, walaupun merek baru juga bukan tidak mungkin memiliki kualitas yang lebih baik. Harga juga bisa jadi acuan, walaupun ini juga belum bisa dijadikan patokan seratus persen. Merek seperti Polygon atau United bisa jadi referensi bagi anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *