Teknologi GPS Navigasi pada mobil

Era globalisasi sekarang, untuk menentukan posisi dan navigasi sudah tidak diperlukan lagi peta secara fisik, yang tentu saja ribet saat menggunakannya, karena ukurannya yang besar. GPS atau Global Positioning System merupakan sistem navigasi yang saat ini menjadi sebuah perangkat wajib di kendaraan / mobil kita. GPS menggunakan satelit untuk menerima dan mengirimkan informasi yang dapat dipergunakan untuk mengetahui lokasi, waktu, bahkan cuaca. pada permulaanya, teknologi ini hanya dibuat dan disesuaikan untuk militer, sebagai alat untuk memandu peluru kendali menemukan sasaran. Seiring perkembangan dan kebutuhan manusia akan navigasi, maka akhirnya GPS tersedia dan dipergunakan juga di kalangan sipil.GPS

GPS yang khusus dipergunakan untuk mobil adalah sebua perangkat utama yang disebut dengan GPS receiver. Perangkat GPS receiver ini bekerja apabila terhubung dengan tiga satelit atau lebih. Informasi koordinat lokasi yang dikirimkan oleh satelit akan diproses lagi oleh GPS receiver dan ditampilkan dalam bentuk peta.

Peta masing-masing GPS Receiver akan berbeda pada tiap-tiap produsen GPS. Begitu juga dengan kelengkapan dan kualitas peta. Hal inilah yang patut dijadikan pertimbangan saat anda memutuskan untuk membeli sebuah perangkat GPS receiver.

Pada awalnya GPS adalah system navigasi satelit milik Amerika Serikat. tetapi kemudian Rusia pun membangun system navigasi sendiri dengan sebutan GLONASS (Global Navigation Satellite System). System milik Rusia ini dapat menambah informasi dan dapat disandingkan dengan GPS apabila perangkat GPS receiver anda mendukung dua system ini. Beberapa produsen GPS receiver untuk kendaraan/mobil sudah support GLONASS sehingga GPS receiver kita dapat menampilan informasi yang lebih detail dengan memanfaatkan  kedua sistem tersebut hanya dengan satu perangkat saja.

Sekarang ini beberapa negara sudah mulai membangun system navigasi mereka sendiri. Misalnya GALILEO (Uni Eropa) dan Cina dengan BeiDou/Compass.

Pengaaman saya pribadi, menggunakan system navigasi GPS maupun GLONASS terasa sama saja. bagi saya semua system ini luar biasa. sangat membantu saat kita mencari lokasi, bahkan ketika kita tidak tahu sama sekali lokasi yang akan kita tuju. Semua tergantung Peta yang selalu kita update. Kalau lokasi di pelosok atau di pegununggan, seperti gunung api purba nglanggeran di Gunungkidul, peta GPS belum selengkap peta di perkotaan. Pastikan teknologi ini tersedia di mobil anda, dan pastikan anda tidak lagi tersesat di jalan… 😀

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *